ZIAUL KAMAL

Karena Hidup Tidak Semanis Gula

ZIAUL KAMAL

Karena Hidup Tidak Semanis Gula

CMS Singkatan dari Content Management System

/
/
/
44 Views
70

Ziaul Kamal – Kata ataupun bahasa yang sering kita dengar dengan singkatan CMS, merupakan singkatan dari  Content Management System atau jika dalam bahasa diartikan sebagai sistem managemen konten. Banyak situs yang membahas untuk penggunaan CMS, dan dominan masyarakat indonesia juga menggunakan CMS untuk pembuatan website, baik itu website sederhana maupun menengah ke atas.

Kenapa Memilih CMS ?

Kenapa banyak orang memilih menggunakan CMS dalam membangun website ?
Bagi saya pribadi, untuk membangun sesuatu yang bisa dibilang instan dalam hal website, Content Management System atau sistem managemen konten merupakan solusi cepat untuk bisa mengerjakan kebutuhan anda. Karena dari sisi fitur, semua sudah disisipkan kedalam CMS, dan anda sebagai user cukup untuk mempelajari langkah menggunakan tanpa harus belajar langkah membangun web dari dasar sekali.

Karena untuk membangun sebuah website dari dasar, maka disana anda mau tidak mau harus bisa menguasai bahasa pemograman PHP, Java, Python dan sebangsanya. Tidak luput dari yang namanya HTML, CSS, dan Javascript. Singkatan aneh dari yang saya sebutkan bisa anda temukan di W3School.

Jadi, apa itu CMS? Secara singkat, CMS merupakan sebuah perangkat lunak, bisa disebut juga dengan sistem yang mengatur konten pada situs web, bisa situs web yang berupa company profile, e-commerce, blog, forum, dan lainnya.

Alasan Menggunakan CMS

Adapun beberapa alasan mengapa harus menggunakan CMS, diantaranya :

  1. Efisiensi, Tidak banyak pengusaha punya waktu untuk membuat situs web dari awal. Jika Anda merupakan seseorang yang mempunyai usaha, tidak mempunyai cukup waktu untuk membuat situs web, tetapi ingin mempunyai situs web untuk usaha Anda, CMS merupakan pilihan yang tepat untuk menjadi alat Anda meraih sukses melalui internet.
    Tidak masalah meskipun biaya yang Anda alokasikan sedikit, bahkan, Anda bisa menggunakan biaya tersebut untuk membayar seseorang mengerjakan konten situs web saja.
  2. Kemudahan dan Cepat, Tidak mengerti mengenai pemrograman? tidak masalah!
    Jika anda merupakan seseorang yang belum pernah belajar mengenai pemrograman, CMS pilihan yang sangat tepat untuk Anda pelajari. CMS menawarkan banyak kemudahan dari proses instalasi sampai dengan proses perawatan dan pembaharuan konten. CMS juga akan sangat membantu jika Anda membutuhkan situs web dalam kondisi mendesak.
    Hanya dengan beberapa klik saja Anda sudah bisa menampilkan halaman website dan tinggal memasukkan konten-konten saja.
  3. Pemisahanan Konten Mudah, Meskipun proses instalasi yang dilakukan sederhana, namun fiturnya lengkap. Bahkan, Anda bisa mengatur banyak hal melalui CMS pada halaman admin yang ada satu paket dengan instalasi CMS. Ingin menambahkan fitur lain? Sangat mungkin dan mudah dilakukan dengan menambahkannya melalui fitur instalasi plugin yang disediakan.
  4. Penambahan Fungsi, Tidak hanya mengelola fitur-fitur tambahan, CMS juga bisa dibedah kode sumbernya dan disesuaikan dengan kebutuhan situs web. Bagi Anda yang sudah terbiasa dengan pemograman pasti akan suka dengan fitur custom kode sumber, karena bisa sangat fleksibel menyesuaikan pengaturan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.
    Perlu diperhatikan bahwa sebelum mengubah kode sumber asli dari template CMS Anda perlu memastikan sudah mempunyai data backup. Paling tidak melakukan proses penyuntingan hanya menggunakan data salinan saja.
  5. Dapat Menambahkan Banyak User, Membangun usaha yang dikerjakan oleh beberapa orang pasti juga membutuhkan beberapa akun untuk mengelola situs web dan membuat konten. CMS memberikan kebebasan kepada Anda untuk menambahkan berapa saja jumlah user yang dibutuhkan. Tidak hanya satu hak akses yang disediakan, ada beberapa jenis hak akses dari masing – masing tipe.
    Jadi semua orang yang mengelola bisnis itu bisa memasukkan konten pada situs web peruasahaan sesuai dengan peranannya masing-masing.
  6. Memudahkan Saat Proses Maintenance, Tidak bisa dihindari, perubahan besar-besaran pada situs web pasti akan terjadi. Tanpa menggunakan CMS, itu akan menjadi sangat susah dan penuh dengan resiko. Apalagi yang berhubungan dengan rbuan data dan merubahnya satu persatu. Saat Anda menggunakan CMS, hampir semua sruktur situs web sama dan terfokus pada satu bagian saja, sehingga jika ada pembaharuan situs tidak akan merusak situs yang saat ini ada.
    Anda juga tidak perlu melakukan perbaruan satu persatu, CMS akan melakukan hal itu secara otomatis.
  7. Ingin mengubah desain? Sangat Simpel!, Kemudahan lain yaitu saat Anda ingin mengganti tampilan pada situs web. Anda hanya tinggal mengunggah template yang sudah dibuat di lokal atau mengunduh template berbayar yang saat ini banyak tersedia di internet. Kemudiah diunggah pada halaman admin. Bahkan, terkadang ada CMS yang sudah menyediakan template bawaan sehingga tidak perlu mencari sendiri template yang Anda suka.

Jenis CMS yang Paling Banyak digunakan di Indonesia

Sering kita temui, kusus-nya di Indonesia, banyak sekali website berlandasan dengan CMS, baik itu WordPress, Drupal, Prestashop, Magento, dan lainya. Alasan nya tadi bisa lihat diatas, kenapa banyak sekali yang menggunakan CMS.

Baiklah pada tahap ini, saya akan perkenalkan sedikit beberapa CMS yang sangat banyak digunakan di indonesia.

  1. WordPress
    Sistem Managemen Konten yang paling banyak kita temui yaitu WordPress. Banyak favorit Anda mengandalkan situs WordPress, belum lagi blog yang tak terhitung jumlahnya. Dengan modul installer klik klik saja CMS ini sangat cepat digemari, dihitung lagi dengan tingkat komunitas nya yang aktif. (Dan Ziaulkamal.com juga menggunakan WordPress, hehe. Karena saya disini hanya ingin menulis, bukan untuk membuat aplikasi, bisa saja saya membuat sendiri, tapi ya dengan estimasi waktu yang lama ditambah efesiensi nya yang harus dipelajari mendalam).Bagaimanapun, WordPress menawarkan instalasi yang cepat dan sederhana, ketika dilakukan secara manual. Banyak penyedia hosting kususnya indonesia menawarkan instalasi satu klik otomatis. Kolaborasi komunitas pengembang yang luas antara membuat dan menawarkan umpan balik untuk koleksi plugin, peningkatan, dan tema yang tak tertandingi. Sebagian besar gratis, tapi untuk fitur yang lengkap biasanya berbayar. Dan semua ini tergantung dengan kebutuhan.CMS WordPress ini bagi saya sangat flexibel. Kenapa demikian ? Yuk Cobain dulu, Klik Disini untuk mempelajari Tutorial CMS.
  2. Prestashop
    Prestashop adalah salah satu pilihan CMS yang paling banyak digunakan oleh pengusaha micro maupun macro sebagai platform untuk toko online mereka,  yang dimana CMS ini juga bersifat gratis. Biasanya  saya mengadakan namanya kursus untuk teman teman komunitas UMKM Aceh (Domisili saya) untuk memasarkan produk mereka baik menggunakan Marketplace yang sudah ada ataupun membangun toko online sendiri menggunakan CMS yang sudah ada.Kenapa saya memilih Prestashop ? Bagiamana tidak, Prestashop sudah mendukung gateway pembayaran seperti Paypal, Google Checkout, Bank Wire, COD, dan beberapa pembayaran lainnya melalui API (Application Programming Interface). Dan lebih dari 56 bahasa sudah tersedia dan bisa digunakan secara gratis.Keunggulan Prestashop dibandingkan CMS e-commerce lainnya sudah tidak diragukan lagi, karena memiliki fitur yang cukup lengkap, siap pakai, mudah digunakan, dan banyak pilihan modul-modul gratis yang bisa Anda dapatkan dengan mudah yang dibuat oleh pengembang independen. Namun, Prestashop sendiri memiliki toko resmi untuk modul-modul tertentu dan theme berbayar dengan jumlah sekitar 2.500 serta sekitar 310 dukungan fitur-fitur yang menarik yang bisa Anda beli di Addons Prestashop. (kutipan Gravisware.com)
  3. Coming Soon

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :